Malang , Jawa Timur

(+62) 81345220990

Kisi-Kisi Soal Kelas 4 Semester 2

I. Pendahuluan

Semester dua kelas empat sekolah dasar (SD) menandai titik tengah perjalanan akademik siswa dalam jenjang pendidikan dasar. Materi pelajaran yang telah dipelajari selama semester ini cukup beragam dan kompleks, menuntut pemahaman dan penguasaan konsep yang komprehensif. Oleh karena itu, evaluasi akhir semester menjadi sangat penting untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Kisi-kisi soal berikut ini disusun untuk memberikan gambaran umum tentang materi yang akan diujikan, sehingga guru dan siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik. Kisi-kisi ini mencakup berbagai mata pelajaran inti, dengan rincian indikator dan bobot penilaian yang seimbang. Tujuannya adalah untuk memastikan evaluasi yang adil, objektif, dan efektif dalam mengukur capaian belajar siswa.

II. Kisi-Kisi Soal Mata Pelajaran

A. Matematika

  1. Bilangan Bulat:

    • Indikator: Menentukan nilai tempat bilangan bulat hingga jutaan. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat hingga jutaan. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat hingga jutaan. (Bobot: 15%)
    • Indikator: Melakukan perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan satu angka. (Bobot: 15%)
    • Indikator: Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat. (Bobot: 10%)
  2. Pecahan:

    • Indikator: Mengenal dan menuliskan pecahan sederhana. (Bobot: 5%)
    • Indikator: Membandingkan dan mengurutkan pecahan sederhana. (Bobot: 5%)
    • Indikator: Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan sederhana dengan penyebut sama. (Bobot: 5%)
    • Indikator: Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan sederhana. (Bobot: 5%)
  3. Satuan Ukuran:

    • Indikator: Mengkonversi satuan panjang (km, m, cm, mm). (Bobot: 5%)
    • Indikator: Mengkonversi satuan berat (kg, g). (Bobot: 5%)
    • Indikator: Mengkonversi satuan volume (liter, ml). (Bobot: 5%)
    • Indikator: Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan satuan ukuran. (Bobot: 5%)
  4. Geometri:

    • Indikator: Mengenal bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran). (Bobot: 5%)
    • Indikator: Menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang. (Bobot: 10%)

B. Bahasa Indonesia

  1. Membaca:

    • Indikator: Memahami isi bacaan berupa teks cerita, fabel, dan puisi sederhana. (Bobot: 20%)
    • Indikator: Menentukan gagasan pokok dan kalimat utama dalam paragraf. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Menentukan arti kata berdasarkan konteks bacaan. (Bobot: 10%)
  2. Menulis:

    • Indikator: Menulis paragraf dengan kalimat efektif dan runtut. (Bobot: 15%)
    • Indikator: Menulis teks cerita pendek dengan runtutan peristiwa yang jelas. (Bobot: 15%)
  3. Berbicara:

    • Indikator: Menceritakan kembali isi bacaan dengan runtut dan jelas. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi kelompok. (Bobot: 10%)
  4. Mendeskripsikan:

    • Indikator: Mendeskripsikan suatu objek, tempat, atau peristiwa dengan detail dan runtut. (Bobot: 10%)

C. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

  1. Hewan dan Tumbuhan:

    • Indikator: Mengelompokkan hewan berdasarkan ciri-cirinya. (Bobot: 15%)
    • Indikator: Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya. (Bobot: 15%)
    • Indikator: Menjelaskan proses pertumbuhan dan perkembangan hewan dan tumbuhan. (Bobot: 10%)
  2. Sifat Benda:

    • Indikator: Mengidentifikasi sifat-sifat benda (keras, lunak, kasar, halus, transparan, dll). (Bobot: 10%)
    • Indikator: Menjelaskan perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun). (Bobot: 10%)
  3. Sistem Tata Surya:

    • Indikator: Menjelaskan susunan tata surya. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Menjelaskan peredaran bumi dan pengaruhnya. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Menjelaskan perbedaan planet dalam tata surya. (Bobot: 10%)

D. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)

  1. Seni Musik:

    • Indikator: Mengenal berbagai jenis alat musik tradisional Indonesia. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Memahami notasi balok sederhana. (Bobot: 10%)
  2. Seni Rupa:

    • Indikator: Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan berbagai teknik. (Bobot: 15%)
    • Indikator: Mengapresiasi karya seni rupa dua dimensi. (Bobot: 15%)
  3. Prakarya:

    • Indikator: Membuat kerajinan tangan sederhana dari bahan alam. (Bobot: 10%)

E. PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan)

  1. Gerak Dasar:

    • Indikator: Melakukan gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat). (Bobot: 15%)
    • Indikator: Melakukan gerak dasar non-lokomotor (membungkuk, memutar, mengayun). (Bobot: 15%)
  2. Permainan:

    • Indikator: Berpartisipasi dalam permainan sederhana. (Bobot: 10%)
    • Indikator: Memahami peraturan dalam permainan sederhana. (Bobot: 10%)
  3. Kesehatan:

    • Indikator: Menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (Bobot: 10%)

III. Kesimpulan

Kisi-kisi soal ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester dua. Guru dapat menggunakan kisi-kisi ini sebagai pedoman dalam menyusun soal, sementara siswa dapat menggunakannya untuk mengarahkan belajar mereka. Penting untuk diingat bahwa kisi-kisi ini hanyalah panduan, dan soal ujian yang sebenarnya mungkin sedikit berbeda. Fokus utama adalah penguasaan konsep dan pemahaman materi pelajaran secara menyeluruh. Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik, siswa diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal dalam ujian akhir semester. Semoga kisi-kisi ini bermanfaat dan memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran. Ingatlah bahwa kunci keberhasilan belajar terletak pada ketekunan, kedisiplinan, dan semangat belajar yang tinggi.

Kisi-Kisi Soal Kelas 4 Semester 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

Popular Posts

  • Menjelajahi Dunia Bilangan Loncat untuk Siswa Kelas 2 SD
    Menjelajahi Dunia Bilangan Loncat untuk Siswa Kelas 2 SD

    Pendahuluan Berhitung merupakan dasar dari pemahaman matematika. Bagi siswa kelas 2 SD, memahami konsep bilangan dan operasi hitung sederhana sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat dalam matematika. Salah satu konsep yang penting untuk dipahami di jenjang ini adalah bilangan loncat. Bilangan loncat, atau sering disebut juga menghitung dengan selisih tetap, merupakan keterampilan yang membantu…

  • Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 9 Semester 2
    Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 9 Semester 2

    I. Pendahuluan Artikel ini menyajikan soal-soal Bahasa Sunda untuk kelas 9 semester 2 beserta kunci jawabannya. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama semester, mencakup berbagai aspek seperti tata bahasa, kosakata, bacaan, dan penulisan. Tujuannya adalah membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian dan memahami lebih dalam materi Bahasa Sunda.…

  • Soal & Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 6 Semester 2
    Soal & Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 6 Semester 2

    I. Pendahuluan Artikel ini menyajikan soal-soal Bahasa Sunda untuk siswa kelas 6 semester 2 beserta kunci jawabannya. Soal-soal yang disajikan mencakup berbagai materi yang telah dipelajari selama semester 2, bertujuan untuk menguji pemahaman dan kemampuan siswa dalam berbahasa Sunda. Materi yang diujikan meliputi kosa kata, tata bahasa, membaca, menulis, dan pemahaman bacaan. Semoga artikel ini…

Categories

Tags