I. Pendahuluan
Artikel ini menyajikan soal-soal Bahasa Sunda untuk siswa kelas 6 semester 2 beserta kunci jawabannya. Soal-soal yang disajikan mencakup berbagai materi yang telah dipelajari selama semester 2, bertujuan untuk menguji pemahaman dan kemampuan siswa dalam berbahasa Sunda. Materi yang diujikan meliputi kosa kata, tata bahasa, membaca, menulis, dan pemahaman bacaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siswa kelas 6 dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian atau sebagai bahan belajar tambahan.
II. Materi & Soal
A. Kosa Kata (Istilah)
Berikut beberapa soal pilihan ganda yang menguji pemahaman kosa kata Bahasa Sunda. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
-
Sinonim dari kecap “bagja” nyaéta…
a. susah b. sedih c. senang d. gering
Kunci Jawaban: c. senang -
Antonim tina kecap “panjang” nyaéta…
a. pondok b. jangkung c. gedé d. leutik
Kunci Jawaban: a. pondok -
Kecap “ngaguar” hartina…
a. ngambek b. miceun c. nyieun d. ngagorowok
Kunci Jawaban: b. miceun -
Basa Sunda tina kecap “bersih” nyaéta…
a. kotor b. resik c. beurat d. hampang
Kunci Jawaban: b. resik -
Harti kecap “rajin” dina basa Sunda nyaéta…
a. malas b. sare c. pinter d. gigir
Kunci Jawaban: d. gigir
B. Tata Bahasa (Gramatika)
Soal berikut menguji pemahaman siswa tentang tata bahasa Sunda.
-
Bentuk lampah tina kecap “baca” nyaéta…
a. maca b. bacaan c. macaan d. bacana
Kunci Jawaban: a. maca -
Tuliskeun kalimah pananya tina kalimah “Anu ngajual buku teh Mang Ujang.”
Kunci Jawaban: Sapa anu ngajual buku teh? -
Ubah kalimah “Bu guru ngajar basa Sunda” kana wangun lampah!
Kunci Jawaban: Ngajar basa Sunda ku Bu guru. -
Jejer dina kalimah “Burung ngalayang di langit” nyaéta…
Kunci Jawaban: Burung -
Tuliskeun kalimah anu ngagunakeun kecap “geus” jeung “keun”!
Kunci Jawaban: Conto: Geus rengse ngerjakeun tugasna, keun waé istirahat heula. (Jawaban bisa rupa-rupa, asal bener make kecap "geus" jeung "keun")
C. Membaca dan Memahami Teks
Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaan di bawahnya!
(Teks bacaan tentang dongeng Sunda, sekitar 100-150 kata, contoh: Sangkuriang)
Pertanyaan:
-
Saha tokoh utama dina dongeng di luhur?
Kunci Jawaban: (sesuai tokoh utama dalam teks bacaan) -
Naon amanat tina dongeng di luhur?
Kunci Jawaban: (sesuai amanat dalam teks bacaan) -
Sebutkeun 3 tokoh dina dongeng éta!
Kunci Jawaban: (sesuai tokoh dalam teks bacaan) -
Naon alur carita dina dongeng éta?
Kunci Jawaban: (sesuai alur cerita dalam teks bacaan) -
Jelaskan inti carita dongeng di luhur!
Kunci Jawaban: (sesuai inti cerita dalam teks bacaan)
D. Menulis
-
Tuliskeun carita pondok ngeunaan kahirupan sapopoé anjeun dina basa Sunda, minimal 5 kalimat!
Kunci Jawaban: (Jawaban bersifat subjektif, dinilai berdasarkan tata bahasa dan kelengkapan kalimat) -
Tuliskeun surat basa Sunda ka babaturan anjeun ngeunaan rencana liburan!
Kunci Jawaban: (Jawaban bersifat subjektif, dinilai berdasarkan tata bahasa dan kelengkapan surat) -
Buatlah pantun Sunda!
Kunci Jawaban: (Jawaban bersifat subjektif, dinilai berdasarkan kaidah pantun Sunda) -
Tuliskeun 5 kecap basa Sunda anu kaasup kana kecap panganteur!
Kunci Jawaban: (Contoh: ku, di, ti, ka, dina) -
Tuliskeun 5 kecap basa Sunda anu hartina sarua jeung kecap “indah”!
Kunci Jawaban: (Contoh: geulis, endah, saé, merenah, moleh)
III. Penutup
Soal-soal dan kunci jawaban di atas hanyalah contoh dan dapat dimodifikasi sesuai dengan materi yang telah dipelajari di sekolah. Penting bagi siswa untuk memahami konsep dan materi yang diujikan, bukan hanya menghafal kunci jawaban. Belajar secara konsisten dan memahami materi akan membantu siswa dalam menghadapi ujian dan meningkatkan kemampuan berbahasa Sunda. Semoga artikel ini dapat membantu siswa kelas 6 dalam belajar Bahasa Sunda. Selamat belajar!
Leave a Reply